Selasa, 01 Oktober 2019

JENIS-JENIS TANAMAN HIAS

JENIS-JENIS TANAMAN HIAS 

C. BERDASARKAN BATANG 
1. KAKTUS

KLASIFIKASI

Kingdom
Plantae
Divisi
Spermatophyta
Subdivisi
Angiospermae
Kelas
Dicotyledonae
Ordo
Cactales
Famili
Cactaceae
Sub Famili
Pereskiae, Rebutia,  Notocactus, Mammilaria
Spesies
Mammillaria Xantina, Opuntia ficus indica dan Achinocactsu grusonii

MORFOLOGI
  • Akar
Bagian akar pada tanaman kaktusmasuk dalam kategori akar tunggang, bercabang, yang juga memiliki serabut. Tetapi ada beberapa tipe akar dari tanaman ini yang memiliki sifat dapat menempel dari tanaman satu ketanaman lainnya, yang  biasa disebut  sebagai epifit.
Karakter akar yang seperti ini memiliki panjang hingga mencapai 6-10 meter, bahkan bisajuga lebih yang sifatnya dapat menyerap air yang berada di area disekitarnya atau yang berasal dari dalam tanah.
  • Batang
Bagian batang tanaman ini biasanya juga memiliki kandungan air yang cukup banyak didalamnya. Biasanya dikenal dengan sebutan sekulen. Air yang tersimpan tersebut juga mengandung cairan atau lendir yang tidak mudah menguap. Batang tanaman umumnya berwarna keijauan muda hingga tua atau abu-abu yang juga dilengkapi dengan lapisan lilin.
Karakteristik bentuk batang tanaman kaktus ini biasanya bulat, silinder dengan macam ukuran yang sangat bervariasi, bahkan ada juga yang mencapai hingga 20 meter lebih.
  • Daun
Bagian daun tanaman memiliki tangkai pendek dengan ukuran yang besar. Selain itu,sifat dari daunnya memiliki peran penting didalam melakukan proses fotosintesis. Tetapi, berdasarkan beberapapenemuan dari para ahli dan juga berdasarkan dari sub famili yang ada, beberapa jenis tanaman ini ada yang tidak memiliki daun. sehingga, proses fotosintesis hanya dilakukan pada bagian batangnya saja.
  • Bunga
Bagian bungapada tanaman ini berbentuk corong, dengan ukuran dan juga bentuk yang dan sangat bervariasi tergantung dari varietasnya. Karakter dari bunganya memiliki warna merah,kuning, danjuga orange pada bagian mahkota bunganya. Bunga kaktus ini biasanya tumbuh mekar pada malam dan siang hari.
  • Buah dan Biji
Bagian buah pada tanaman kaktus ini berbentuk bulat memanjang atau oval danjuga memiliki karakter daging yang tebal. Selain itu, karakter lain dari buah ini adalah sifatnya yang bergerombol pada bagian pangkal ujung batang yang ditutupi duri-duri tajam. Biasanya, buah yang dapat dihasilkan dari tanaman ini bisa mencapai  hingga 100-200 buah per tanaman kaktus.

SYARAT TUMBUH

Syarat tumbuh tanaman kaktus antara lain : berada pada ketinggian 1200 mdpl, suhu udara berkisar antara 16°–34°C. Untuk perkecambahan biji (benih), membutuhkan suhu antara 26°-35°C.Khusus untuk kaktus hibrida hasil penempelan, dapat tumbuh di daerah pegunungan bersuhu 16°-24°C. Dapat pula hidup di dataran rendah bersuhu panas, tetapi menyebabkan warna batang cenderung kusam. Kelembaban udara (rH) berkisar antara 30%-90%. Curah hujan rendah, 60 mm/bulan. Intensitas penyinaran 505-80%

2. PALEM BOTOL 

KLASIFIKASI

Kingdom               : Plantae
Divisio                   : Spermatophyta
Sub divisio            : Angiospermae
Kelas                     : Monocotyledonae
Ordo                      : Arecales
Famili                    : Arecaceae (Palmaceae)
Genus                    : Mascarena
Spesies                  : Mascarena lagenicaulis

MORFOLOGI

Palem memiliki akar serabut yang pendek dan tumbuh menyebar tidak jauh dari tanaman. Meskipun pendek, akar palem ini mampu menyangga dengan kuatnya batang yang tumbuh tegak (Nazaruddin dan Angkasa, 1997). Berbatang tunggal dan keras berbentuk seperti botol. Tinggi batangnya 2-10 meter digolongkan sebagai palem yang ber pohon sedang, dengan batang yang tumbuh tegak dan meninggi memiliki lingkaran bekas duduk daun pada batang (Witono, et al, 2000).
Daun hijau terang menjuntai, dengan pelepah daunnya berupa seludang yang saling menutup di ujung batangnya. Bunganya terangkai dalam malai dan menggantung serta tersusun berpasang-pasangan. Satu bunga betina diapit oleh dua bunga jantan. Buahnya berbentuk lonjong, jika masih muda berwarna hijau, dan jika sudah matang berwarna merah atau kuning kecokelatan (Edy, dkk.1995).

SYARAT TUMBUH

Tanaman palem adalah tanaman tropis dan subtropis. Pada waktu perkecambahan dan pembibitan sebaiknya jangan terkena sinar matahari yang langsung. Suhu udara yang diperlukan adalah 25-330 C, dan masih tumbuh baik di luar kisaran suhu udara tropis tersebut. Palem memerlukan curah hujan 2000-2500 mm/tahun dengan rata-rata hujan turun 120-140 hari dalam setahun dan kelembaban relatif 80 %. Palem dapat tumbuh dengan baik pada tipe tanah yang berpasir, tanah gambut, tanah kapur, dan tanah berbatu. Palem juga dapat tumbuh pada berbagai kemiringan dari tanah datar, tanah berbukit, dan berlereng terjal (Witono,et al, 2000).

3. PALEM MERAH

KLASIFIKASI


Kingdom:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. lakka

MORFOLOGI

Tumbuh berumpun dengan tinggi berkisar antara 6-14 meter. Diameter batangnya ramping dan tidak terlalu besar. Daunnya berwarna hijau cemerlang, bersirip agak melengkung dengan anak-anak daun agak kaku. Ciri khas jenis palem ini adalah pelepah daunnya berwarna merah. Lantaran pelepahnya inilah palem ini dinamai.

SYARAT TUMBUH
v  Iklim
1.      Tanaman palem adalah tanaman tropis dan subtropis sehingga selama pertumbuhannya diperlukan penyinaran matahari penuh. Pada waktu perkecambahan dan pembibitan sebaiknya jangan terkena sinar matahari yang langsung.
2.      Suhu udara yang diperlukan adalah 25-33 derajat C, dan masih tumbuh baik di luar kisaran suhu udara tropis tersebut.
v  Media Tanam
              Tanah harus mengandung pasir. Selain itu akar tanaman ini tidak menyukai genangan air.
v  Ketinggian Tempat
                        Tanaman ini dapat tumbuh mulai dari daratan rendah sampai kedaratan tinggi.



0 komentar:

Posting Komentar